Rabu, 09 Maret 2016

Pelantikan pramuka SMP Labschool Jakarta

Kegiatan Pelantikan praja muda karana  SMP Labschool Jakarta

Pramuka SMP Labschool Jakarta 

Sabtu, 27 Februari 2016 adalah hari disaat kita melaksanakan Pelantikan Pramuka. Kita dilantik di Studio Alam TVRI di Depok. Kegiatan kita disana akan padat, jadi kita harus menyiapkan fisik dan mental agar dapat dilantik.
Saat hari jumat , kita diberikan kertas berisi segala hal yang perlu kita bawa untuk Pelantikan Pramuka nomor Gudep 03-360. Di antaranya adalah baju Pramuka lengkap dengan badge-nya (tanda WOSM, tanda Pelantikan, badge kwarda daerah DKI Jakarta, tanda tutup kepala dan tanda regu), peluit dan tali koor, tali pramuka, topi pramuka, ikat pinggang berwarna hitam, kaos kaki yang berwarna hitam, sepatu berwarna hitam, tongkat yang sudah dicat merah dan kuning 30 centimeter di kedua ujungnya, minum, snack secukupnya, bekal makanan untuk makan siang, serta baju bebas dan celana training sebagai baju ganti jika terjadi hujan.
Di hari sabtu, kita harus sudah tiba di SMP Labschool Jakarta jam 06.00 di pagi hari dengan pakaian Pramuka lengkap beserta segala perlengkapan yang sudah dipersiapkan. Dan juga tongkat yang telah dicat dengan rapi. Setelah kita semua berkumpul, peluit akan dibunyikan oleh kakak pembinanya agar kita berkumpul sesuai regu masing-masing. Kurang lebih jam 06.30 sampai jam 07.00 kita melaksanakan apel pembukaan. Sambil melaksanakan apel pagi, diumumkanlah tronton yang akan digunakan oleh regu masing-masing. Setelah itu kita dipersilakan memasuki tronton. Satu tronton terdapat empat regu, karena trontonnya beda dengan yang digunakan di SAKSI 2016 (Studi dan Apresiasi Kemenangan Siswa Indonesia). Kita berangkat dari sekolah jam 07.00 dan tiba di lokasinya yaitu Studio Alam TVRI kurang lebih jam 08.30. Perjalanan ke lokasi membutuhkan kurang lebih satu setengah jam jika tidak terkena macet.
Saat kita tiba di lokasi, kita diperbolehkan untuk istirahat untuk sementara waktu saja. Setelah istirahat, kita harus menyelesaikan selembar soal yang berisi tentang kepramukaan seperti Tri Satya, kode Morse, sandi rumput, dan sebagainya. Setelah kita selesai, kita dipersilakan untuk jalan ke pos pertama. Di pos pertama, kita harus menyetorkan Tri Satya kepada kakak Pembina. Penilaian berdasarkan regu, bukan individual. Maka harus memerlukan kerja sama yang baik antar anggota. Setelah kita selesai, kita maju lagi ke pos berikutnya. Di pos kedua, kita harus menggunakan semaphore dan kita harus menebak beberapa patah kata yang ditunjukan kakak Pembina kata kata tersebut yang pertama kedua dan ketiga berhubungan dengan janagn berhenti dan lain-lain. Setelah dari pos kedua, kita ke pos ketiga yaitu membuat tandu dari dua tongkat dan satu atau dua buah tali pramuka. Kita harus menggunakan simpul mati, simpul jangkar, simpul pangkal, dan sebagainya. Setelah tandunya selesai dibuat, kita harus memilih salah satu anggota regu untuk dijadikan  korban untuk melewati rintangan ada yang melewati atas,bawah,dan tengah sambil mengangkat tandu tersebut.Setelah kita menyelesaikan semua pos-pos tersebut, waktunya untuk ishoma atau istirahat, salat, dan makan.Didekat musholla terdapat sebuah hajatan\pernikahan.Pada saat sholat saya dan teman-teman diimami oleh pengantin prianya.Kita diberi waktu cukup lama untuk beristirahat, yaitu satu jam lebih. Sebelum kita istirahat, ada PBB tetapi itu tidak menyita banyak waktu, kurang lebih 15 menit.Setelah PBB kita diberi kertas berisis pertanyaan teentang sandi sandi yang ada di kegiatan praja muda karana atau biasa disebut pramuka.Saat istirahat, kita diperbolehkan untuk memakan bekal, jajan, dan lain-lain.Saat istirahat saya mendapati bahwa tongkat dan semapur saya hilang dan saya menemukan semapur saya di jalanan dan tongkat saya di samping bangunan tempat menaruh tas.
Jam 13.00, kita berkumpul lagi untuk melakukan pelantikan yang dilaksanakan 2 kali yang pertama latihan dan yang kedua yang asli pratamanya adalah Akmal Nurhidayat kelas tujuh B (7B). Dan itu adalah kegiatan terakhir kita di Studio Alam TVRI. Setelah dilantik, kita akan diberikan pita Gudep 03-359. Dan setelah kita dilantik, sudah waktunya untuk pulang ke SMP Labschool Jakarta.
Di perjalalanan, kita terkena macet. Maka perjalanannya menyita waktu sejam kurang lebih. Karena kita sudah memulai perjalanan jam 14.00 tetapi sampai di tujuan jam 17.30 kurang. Memang kegiatan ini melelahkan dan menguras stamina, tetapi sepadan untuk mendapatkan pita Gudep.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar